Cara Mengatasi Dapur Sempit dengan 7 Langkah Ini

Dapur menjadi salah satu ruangan di rumah yang identik dengan kesan berantakan dan sempit. Pasalnya ruangan ini menjadi tempat beraktivitas seperti meracik makanan yang melibatkan bumbu dapur, minyak, dan asap yang membuatnya rentan kotor.

Belum lagi jika Anda senang mengoleksi peralatan memasak yang beraneka ragam. Maka tak heran jika seluas apapun dapur Anda, kesan sempit akan tetap terasa. Padahal sebenarnya dengan penataan yang tepat Anda bisa memaksimalkan fungsi ruang dengan benar, loh!

Berikut Cara Mengatasi Dapur Sempit dengan 7 Langkah Ini :

Cara Mengatasi Dapur Sempit dengan 7 Langkah Ini

1. Pilih material ringan dan berwarna cerah

Perabot yang bisa memantulkan cahaya secara baik seperti keramik, meja dapur berbahan marbel, dan peralatan masak stainless steel bisa membuat dapur sempit terkesan lebih luas. Pilih warna warni cerah seperti hijau lemon atau oranye supaya dapur terlihat ceria.

2. Sambut cahaya masuk

Dapur yang sehat tentu memiliki sirkulasi udara yang baik, terutama agar asap masakan bisa keluar dengan cepat. Manfaat lain yang tak kalah penting ialah dapur Anda bisa nampak cerah dari pantulan cahaya matahari. Jadi sebaiknya cukup beri tirai tipis pada jendela dapur dan nyalakan lampu apabila ruangan kurang terang.

3. Pilih rak kabinet dengan pintu kaca

Cara lain untuk membuat dapur kecil terkesan lega adalah dengan membiarkan lemari dan rak terlihat transparan. Pilih rak dengan pintu kaca supaya bisa merefleksikan cahaya, memberi kesan rapi dan bersih dan tentunya mempermudah Anda mencari koleksi piring favorit.

4. Gunakan skema warna yang kontras

Pemilihan warna yang tepat untuk dinding dapur, meja dapur, dan rak kabinet bisa membuat ruangan terkesan lebih luas, loh. Sebagai tips, coba pilih warna yang kontras untuk bagian atas ke tengah dan tengah ke bawah. Misalnya untuk warna rak kabinet gantung, dinding sampai wastafel dipoles warna cerah seperti putih.

Sementara untuk bagian meja dapur sampai dengan dinding ke bawah dipulas warna gelap seperti biru atau hitam. Perpindahan warna dari terang ke gelap ini bisa membuat ruangan terkesan luas.

5. Cat putih

Warna putih adalah pilihan ideal untuk dapur sempit. Warna ini mampu merefleksikan cahaya secara maksimal dan membuat ruangan terkesan lapang. Ketika Anda memilih warna putih untuk rak kabinet, meja dapur, dinding dan langit-langit, maka Anda menciptakan ruangan yang steril dan luas.

Kombinasikan perabot putih dengan aksesoris atau peralatan masak yang colorfull supaya dapur terlihat lebih ceria.

6. Jaga tetap rapi

Meja dapur yang penuh dengan bumbu masak, set pisau, peralatan masak dan lain-lain bisa membuat dapur Anda langsung terlihat berantakan dan sempit. Sebaiknya, pisahkan setiap perintilan dapur di laci atau rak kabinet dengan rapi dan buat countertops selalu bersih dan kosong.

7. Bawa pandangan ke atas

Meletakkan benda hingga ke bagian paling tertinggi di ruangan bisa membuat mata kerap kali melihat ke atas. Dengan begitu dapur bisa terkesan lebih tinggi dan luas dari sebenarnya.

Contohnya letakkan benda atau peralatan masak yang jarang digunakan atau aksesoris seperti tanaman imitasi dan bingkai foto di atas kabinet gantung.

Demikian Cara Mengatasi Dapur Sempit dengan 7 Langkah Ini, Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Dapur Sempit dengan 7 Langkah Ini"

Post a Comment